Cara Memperbaiki Handphone Mati Total dan Penyebab HP Mengalami Mati Total

Cara memperbaiki handphone mati total sangat dicari-cari oleh masyarakat. Bagi masyarakat milenial handphone merupakan perangkat yang sangat penting bahkan ada yang tidak bisa hidup tanpa HP. Bayangkan bagaimana jika handphone yang biasa digunakan mendadak mati total.

Aktivitas pun akan menjadi terhambat, komunikasi ke orang terdekat juga menjadi sulit. Handphone tidak mungkin mati secara tiba-tiba tanpa adanya sebab. Maka dari itu akan dipaparkan penyebab-penyebab handphone mengalami mati total seperti di bawah ini.

Kenapa Handphone Bisa Mati Total?

Ada banyak sekali jenis kerusakan pada handphone salah satunya adalah mati total. Keadaan ini terjadi diakibatkan faktor-faktor baik itu dari dalam seperti update software ataupun berasal dari luar seperti jatuh. Pada kesempatan kali ini akan dijabarkan penyebab-penyebab handphone mati total, seperti berikut:

1. Tingkat Penggunaan HP yang Tinggi

Penyebab HP mati total yang pertama adalah tingkat penggunaan HP yang tinggi. Handphone yang terlalu sering dimainkan akan mudah sekali panas. Jika dibiarkan terus menerus mesin handphone akan menjadi panas dan dapat mengakibatkan HP mati secara mendadak.

2. Rusak Pada Baterai HP

Penyebab yang selanjutnya adalah terjadinya kerusakan pada baterai HP. Kerusakan tersebut ditandai dengan baterai HP yang cepat sekali berkurang dan terlihat menggelembung. Hal itu dikarenakan pengguna sering memainkan handphone dalam keadaan di charger.

3. Terputusnya Jalur Tombol Power

Tombol power yang terputus membuat tombol power tidak berfungsi dengan baik. Biasanya hal itu disebabkan oleh handphone yang tidak sengaja terkena minyak atau air, serta tembaga di dalam switch mengalami aus dan tidak bisa menyalurkan listrik.

Pengguna dapat mengatasi hal itu dengan membuat jalur baru dengan melewati bagian yang rusak sehingga listrik dapat teralir kembali. Jika memang switchnya sudah rusak, maka switch tersebut harus diganti dengan yang baru.

Cara Memperbaiki Handphone yang Mati Total

Seperti halnya jenis kerusakan yang lain, handphone yang mati total juga dapat diperbaiki dengan berbagai cara. Untuk memperbaiki HP yang mati total dapat diterapkan cara memperbaiki handphone mati total seperti berikut:

1. Isi Ulang Baterai Handphone

Cara pertama dengan mencoba untuk mengisi ulang baterai handphone. Jika saat mengisi ulang handphone merespon, mungkin bisa jadi baterainya sudah habis dan perlu untuk di charger. Sebaliknya jika handphone tidak merespon mungkin baterai harus diganti. Berikut langkah-langkah yang harus diperhatikan:

  • Isi ulang baterai HP yang mati.
  • Tunggu sampai handphone merespon. Jika tidak merespon disarankan untuk ganti baterai HP.
  • Matikan HP jika tiba-tiba terjadi overheat. Langsung matikan handphone jika terjadi panas yang tinggi ketika mengisi ulang baterai HP.

2. Hapus Data dan Cache Pada Mode Recovery

Cara yang kedua adalah dengan menghapus data dan cache melalui mode recovery. Pada mode ini pengguna dapat menggunakan handphone untuk menghapus data dan cache yang tersimpan. Selanjutnya diberikan langkah-langkah untuk menghapus data dan cache seperti berikut:

  • Tekan tombol volume down, power dan volume up secara bersamaan. Kemudian klik Wipe pada mode recovery.
  • Klik menu Wipe Data dan Wipe Cache untuk menghapus data dan cache yang tersimpan di handphone.
  • Matikan handphone dengan mode recovery. Setelah proses penghapusan data selesai, pengguna mematikan HP kemudian dinyalakan kembali.

Memang tidak mudah untuk memperbaiki HP yang mati total, namun tidak ada salahnya untuk mencoba menerapkan cara memperbaiki handphone mati total. Pengguna dapat menerapkan cara yang dirasa sesuai.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *