Cara Memperbaiki Jaringan 4G yang Tidak Stabil dengan Mudah

Cara memperbaiki jaringan 4G yang tidak stabil dapat dilakukan baik itu seorang diri ataupun memanggil bantuan ahli seperti operator seluler. Jaringan 4G merupakan generasi keempat jaringan mobile broadband setelah 2G dan 3G. Jaringan 4G masuk ke Indonesia sekitar tahun 2014 dengan standar 4G LTE.

Sinyal 4G memiliki banyak sekali keunggulan, diantaranya yaitu memiliki kecepatan hingga lebih dari 200 Mbps. Hal itu membuat 4G lebih unggul dibandingkan 3G yang kecepatannya hanya 2 Mbps. Ada kalanya sinyal 4G menjadi tidak stabil, maka untuk mengatasi hal tersebut dilakukan cara seperti berikut:

1. Buka dan Cek Pengaturan Jaringan di Handphone

Cara yang bisa dilakukan adalah dengan mengecek apakah jaringan yang digunakan sudah sesuai atau belum. Di beberapa kejadian, sinyal yang terhubung dapat berubah dengan sendirinya yang awalnya berada di sinyal 4G berubah menjadi 3G.

Oleh karena itu pengguna harus memastikan bahwa sinyal yang dipilih sudah tepat. Jika belum maka pengguna dapat mengubahnya dengan langkah-langkah yang disampaikan berikut:

  • Buka menu pengaturan. Buka menu pengaturan yang ada di layar Handphone.
  • Pilih menu koneksi. Pengguna dapat scroll ke bawah untuk memilih jaringan seluler.
  • Pilih menu jaringan seluler. Pengguna dapat memilih jaringan seperti 4G LTE atau 3G/2G.
  • Pilih jaringan 4G LTE. Pengguna dapat memilih jaringan 4G LTE untuk performa sinyal yang lebih cepat.

2. Ubah HP ke Mode Pesawat

Cara memperbaiki jaringan 4G yang tidak stabil selanjutnya dengan mengaktifkan dan menonaktifkan mode pesawat. Hal ini dilakukan karena ketika pengguna mematikan dan menyalakan mode pesawat maka sinyal akan refresh dengan sendirinya.

Cara tersebut cukup ampuh dilakukan oleh pengguna yang sinyalnya tidak stabil. Adapun Langkah-langkah yang harus dilakukan dengan benar dan teliti adalah dijabarkan sebagai berikut:

  • Tarik bilah status. Biasanya bilah status ada di bagian atas tampilan layar HP.
  • Pilih ikon pesawat untuk mengaktifkan mode pesawat. Beri jeda sebelum menonaktifkan kembali mode pesawatnya.
  • Setelah itu, klik lagi ikon pesawat untuk menonaktifkan mode pesawat. Biasanya waktu yang dibutuhkan tidak terlalu lama sampai sinyalnya kembali.

3. Restart Handphone

Pengguna yang mengalami jaringan tidak stabil dapat menonaktifkan HP untuk sementara. Restart HP akan membuat HP yang semula terasa berat menjadi ringan. Biasanya setelah HP di restart, kekuatan sinyal menjadi lebih stabil. Berikut langkah-langkah yang harus dilakukan:

  • Tekan tombol power. Pengguna menekan tombol power sampai muncul pilihan “mati” dan “mulai lagi”.
  • Pilih restart atau mulai lagi. Setelah menekan restart maka secara otomatis HP akan mati dengan sendirinya.
  • Tunggu sampai HP menyala kembali. Pada proses restart, HP otomatis akan menyala kembali. 

4. Hubungi operator seluler

Selain cara-cara yang telah dipaparkan sebelumnya, pengguna juga dapat menghubungi operator seluler dari provider yang digunakan. Tidak jarang sinyal tidak stabil dikarenakan adanya masalah pada provider.

Masalahnya pun entah sedang ada perbaikan sinyal ataupun mati listrik yang mengganggu kekuatan sinyal. Ada banyak provider di Indonesia yang sudah kompatibel untuk sinyal 4G, salah satunya adalah Indosat. Berikut langkah-langkah untuk menghubungi operator provider Indosat:

  • Buka menu di HP. Pengguna dapat mencari ikon telepon untuk menelepon operator.
  • Pilih ikon yang berbentuk telepon. Pengguna dapat memasukkan nomor 185 atau 021-3000-3000 untuk melakukan panggilan.
  • Lakukan panggilan ke nomor 185 atau 021-3000-3000. Pengguna dapat menyampaikan berbagai keluhan dan menerapkan saran-saran yang diberikan oleh operator.

Demikianlah ulasan mengenai cara memperbaiki jaringan 4G yang tidak stabil dengan mudah. Silahkan untuk menerapkannya sesuai dengan langkah-langkah yang telah dijabarkan agar jika ada masalah serupa bisa segera diatasi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *