Cara Ngecas Hp yang Benar, Yuk Segera Pahami!

Ngecas merupakan sebuah istilah yang biasa disebut ketika seseorang ingin mengisi daya baterai pada sebuah hp. Kebanyakan orang dalam mengisi daya hanya tinggal menghubungkan hp dengan charger saja. Padahal sebenarnya ada cara ngecas hp yang benar agar baterai tetap tahan lama dan tidak mudah untuk rusak.

Banyak pengguna hp yang menyepelekan hal-hal kecil saat mengecas hp dan berakibat cukup fatal untuk masa yang akan mendatang. Oleh sebab itu dalam mengecas perlu memperhatikan cara-cara yang benar seperti berikut ini:

1. Gunakan Charger Original

Charger original merupakan charger asli atau bawaan yang memang sudah di setting untuk perangkat hp tersebut. Saat ini banyak yang menggunakan charger palsu dan tidak sesuai meskipun model inputnya sama dan baterai tetap terisi. Namun hal tersebut akan berakibat pada ketidakstabilan baterai hp.

Terdapat alasan utama mengapa pengguna diharuskan untuk menggunakan charger original. Salah satunya adalah charger tersebut memiliki kapasitas dan kinerja yang sudah sesuai pada kebutuhan hp. Sehingga kapasitas baterai hp akan tetap stabil dalam jangka waktu yang tidak sebentar.

2. Cas Sebelum Baterai Benar-benar Habis

Cara ngecas hp yang benar selanjutnya adalah hp tersebut dicas sebelum baterai benar-benar habis atau 0%. Hal tersebut untuk menjaga agar baterai tetap masih memiliki daya baterai saat dilakukan cas. Tidak hanya itu saja, tapi juga bisa menjaga umur baterai agar lebih lama.

Saat yang tepat untuk mengecas adalah baterai berada pada kisaran 30% hingga 40%. Jangan sampai pengguna menunggu hingga habis karena hal tersebut dapat membuat umur baterai menjadi berkurang seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya.

3. Tidak Diisi Hingga 100%

Banyak orang beranggapan bahwa mengisi daya baterai hingga 100% adalah cara yang tepat. Padahal sebenarnya hal tersebut tidak ideal bagi perangkat hp dan membuat performa baterai menjadi menurun. Sehingga pengguna harus tetap memperhatikan persentase baterai hp saat dicas.

Persentase baterai hp yang pas dan paling ideal adalah ketika daya baterai berada pada kisaran 80% hingga 90% saja. Pengguna tidak perlu khawatir baterai menjadi cepat rusak dan performanya menjadi turun. Karena justru jika sering diisi hingga penuh 100% malah akan mengurangi umur baterai hp itu sendiri.

4. Mengecas Hp Secara Rutin

Mengecas hp secara rutin menjadi salah satu cara ngecas hp yang benar meskipun banyak yang belum mengetahui. Daripada mengisi baterai satu hari sekali dalam jangka waktu yang lama, lebih baik pengguna mengisi secara rutin walaupun beberapa kali.

Cara tersebut ternyata lebih efektif untuk menghindari perangkat hp mati mendadak atau kinerja hp menjadi berkurang. Selain itu, daya baterai hp menjadi lebih tahan lama karena tidak terlalu lama terhubung dengan aliran listrik saat dicas.

5. Matikan Daya Hp Saat Dicas

Mengecas hp dalam kondisi menyala memang tidak menjadi suatu masalah. Namun akan lebih baik jika di cas dan hp dalam keadaan mati. Biasanya baterai akan terisi lebih cepat dan pengguna tidak perlu untuk menunggu terlalu lama.

Tidak hanya itu saja, mengecas dengan keadaan hp mati akan menjaga suhu tetap normal dan tidak panas. Sehingga hal tersebut akan tetap menjaga performa dari kinerja baterai hp saat sedang dicas.

Itulah 5 cara ngecas hp yang benar supaya baterai bisa tetap tahan lama dan tidak mudah rusak. Pengguna juga harus tetap menjaga kapasitas baterai hp agar performanya tidak menurun dan tetap awet saat dipakai.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *