Ini Dia Tiga Cara Memperbaiki Headset Tidak Ada Suara, Jangan Dulu Membuang Headset!

Pengguna gadget headset adalah penolong ketika ingin mendengarkan musik dan video tanpa terdengar oleh orang. Namun ketika headset rusak, penggunanya cenderung akan langsung membuang dan beli headset baru. Padahal pengguna bisa melakukan dulu cara memperbaiki headset tidak ada suara sebelum memutuskan membuang.

Headset tidak harus dibawa ke tukang servis jika pengguna ingin memperbaikinya. Ada beberapa cara memperbaiki headset yang bisa dilakukan sendiri oleh penggunanya di rumah. Apa sajakah caranya? Yuk simak pembahasan di bawah ini!

1. Cari Tahu Sumber Masalah

Sumber masalah headset tidak ada suara biasanya ada tiga, yakni dari kabel, colokan, dan juga earpiece. Untuk menentukan cara memperbaiki headset tidak ada suara mana yang akan kita gunakan, tentunya kita harus terlebih dahulu menemukan sumber masalahnya.

Dengan mengetahui sumber masalahnya, pengguna akan lebih mudah menentukan cara apa yang harus diambil untuk memperbaiki headsetnya yang tidak bersuara. Pengguna headset harus melakukan langkah-langkah mencari sumber masalah ini dengan teliti. Berikut cara menemukannya:

  • Sambungkan headset pada gadget, putar musik sambil menekuk kabel. Jika headset bereaksi, berarti permasalahan ada pada kabel.
  • Pasang colokan pada gadget. Jika colokan sudah disambungkan namun colokan baru bisa tersambung dengan posisi yang tidak seharusnya, masalah ada pada colokannya. Contohnya jika colokan dimasukkan full, headset tidak berfungsi. Namun saat dimasukkan hanya setengah, headset berfungsi.
  • Perhatikan layar gadget. Jika headset tersambung dan tanda perangkat headset terhubung di gadget sudah muncul namun tetap tak ada suara, kemungkinan masalah ada pada earpiece.

2. Perbaiki Kabel yang Bermasalah

Cara memperbaiki headset tidak ada suara selanjutnya adalah memperbaiki kabel. Jika permasalahan ada pada kabel, pengguna harus sedikit berani untuk melakukan tindakan pada kabelnya. Memperbaiki kabel memang agak beresiko, karena jika terjadi kesalahan headset bisa saja mati total. Begini caranya:

  • Siapkan sebuah cutter dan selotip. Selotip yang digunakan bisa selotip khusus kabel atau selotip bening biasa.
  • Kelupas dengan hati-hati bagian kabel yang bermasalah secara memanjang secukupnya sampai terlihat jaringan kabel berbagai warna di dalamnya.
  • Sambungkan kabel-kabel yang putus sesuai dengan warnanya. Pastikan warnanya sama, karena jika tak sama, kabel bisa semakin rusak bahkan mati total.
  • Jika sudah, tutup kembali kabel dengan kulit kabel yang sudah dikupas sebelumnya lalu tempelkan dengan selotip.
  • Tes dengan memutar lagu atau video kembali. Jika sudah berbunyi, headset siap digunakan kembali.

3. Ganti Colokan Lama dengan Colokan Baru

Jika kabel dan earpiece sama sekali tidak mengalami kerusakan, pengguna bisa mengganti colokan headsetnya dengan yang baru. Colokan ini bisa pengguna dapatkan di internet atau toko elektronik, belilah colokan berkoneksi stereo dan pegas. Tidak perlu khawatir, harga colokan ini terjangkau. Begini cara menggantinya:

  • Potong colokan sekitar 2,5 cm dari ujung stekernya. Lalu kupas kulit kabel dengan tang kabel. Akan ada kawat tanpa kulit dan dua kabel isolator.
  • Pasang colokan pada kabel. Lepas penutup colokan yang baru, masukan pegas, penutup, dan selang bakar ke dalam kabel.
  • Hubungkan dan jepit kawat ke pin. Pisahkan tiga jenis kawatnya, lalu punter ujung kawat yang megar sampai ujungnya menipis. Sambungkan kawat telanjang ke terminal utama/logam terpanjang. Jangan sampai kawat menempel satu sama lain.
  • Solder kawat ke steker. Solderlah pinnya, ulangi pada dua kawat lainnya. Setelah itu pasang kembali tutup steker. Pengguna bisa langsung mengujinya.

4. Perbaiki Earpiece

Banyak sekali model earpiece di zaman sekarang. Pengguna yang akan memperbaiki earpiece-nya harus berhati-hati karena jika salah langkah earpiece malah tidak akan bisa digunakan lagi. Carilah panduan spesifik untuk jenis earpiece, namun umumnya akan seperti ini:

  • Siapkan obeng kembang ukuran 0, carilah sekrup untuk bagian telinga. Lepas bagian busa atau karetnya, biasanya sekrup ada dibawahnya. Atau jika tidak ada sekrup, congkel bagian sambungannya.
  • Jika masalah ada pada kawat, begitu bagian telinga terbuka, kawat yang lepas akan langsung terlihat. Tempelkan kembali kawat pada pin logam kecil, solder kawat. Pastikan kawat tidak saling bersentuhan satu sama lain.
  • Ganti drivernya. Jika masalahnya ada pada driver, memperbaiki sendiri adalah hal yang beresiko dan mahal. Pengguna bisa memotong karet segel, cabut driver yang berbentuk kerucut, pasang driver baru di celah yang sama namun jangan sampai menyentuh diafragmanya.
  • Gunakan lem di pinggirannya untuk menjamin keamanannya.

Itulah empat cara memperbaiki headset tidak ada suara. Pengguna headset yang ingin memperbaiki headsetnya, hati-hati ya, karena peralatan yang digunakan pada cara-cara ini ada yang bersifat tajam dan juga panas.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *