Inilah 5 Perbedaan Layar Amoled dan IPS, Yuk Simak Agar Lebih Jeli

Kenyamanan penggunaan suatu perangkat salah satunya dipengaruhi oleh jenis layar digunakan, saat ini layar yang populer adalah AMOLED dan IPS. Keduanya memiliki keunggulan dan kekurangan masing-masing, maka pengguna harus memahami perbedaan layar AMOLED dan IPS untuk menentukan mana yang terbaik. Inilah 5 Perbedaan Layar Amoled dan IPS, Yuk Simak Agar Lebih Jeli

Panel AMOLED sangat melekat pada gadget berlabel flagship yang harganya lebih mahal dibanding layar IPS yang biaya produksinya lebih murah. Namun hal ini tidak menjadikan AMOLED lebih baik, karena untuk menentukan mana yang lebih baik pengguna harus memperhatikan ulasan berikut:

1. Penggunaan Daya

Layar panel AMOLED mampu menampilkan warna-warna dengan saturasi yang tinggi sehingga lebih tajam dan lebih memanjakan mata para penggunanya. Setiap pixel pada AMOLED merupakan RGB LED independen yang dapat menampilkan warna hitam tanpa menyalakan pixel sehingga dayanya lebih hemat.

Sedangkan pada panel IPS yang tampilan warnanya lebih natural tidak dapat menghemat daya meskipun tema dan wallpaper yang digunakan hitam. Namun, ketika menampilkan warna – warna yang terang ada kemungkinan layar AMOLED akan menggunakan daya yang lebih besar dibanding layar IPS.

2. Tingkat Kecerahan Layar

Perbedaan layar AMOLED dan IPS lainnya adalah AMOLED memiliki pixel aktif yang mampu mengatur kecerahan cahaya yang dipancarkan sesuai kebutuhan. Kemampuan pixel aktif ini menjadikan layar panel AMOLED secara otomatis mampu menghasilkan tingkat kecerahan yang lebih tinggi dibanding layar IPS.

IPS memiliki tiga warna yang menghasilkan warna lain yaitu merah, hijau dan biru dengan menyoroti tiga warna tersebut secara merata. Layar IPS tidak dapat mengatur kontras cahaya sendiri sehingga jika dibandingkan maka AMOLED lebih unggul dalam hal tingkat kecerahan layar.

3. Kecepatan Respon

Panel AMOLED dapat mengupdate pixel secara otomatis dan independen, sehingga layar sangat responsif terhadap sentuhan dan memiliki refresh rate tinggi. Namun, panel ini rawan terkena efek bayangan gambar atau warna yang dapat bersifat permanen, efek ini disebut dengan istilah burn-in.

Pixel pada IPS harus di update secara bersamaan sehingga layar ini membutuhkan waktu untuk dapat merespon sentuhan dibanding kecepatan respons AMOLED. Meskipun responnya lebih lambat namun layar IPS tidak memiliki efek burn-in sehingga dapat digunakan dalam jangka waktu yang lebih lama.

4. Ketahanan Layar

Susunan kristal cair pada IPS pada setiap satu pixelnya terbuat dari satu kristal sebagai titik cahaya yang berasal dari backlight. Adanya backlight ini menjadikan layar IPS lebih tebal sehingga tidak mudah tergores, backlight terletak di belakang susunan kristal – kristal cair.

Meskipun panel AMOLED lebih tipis dibanding layar IPS namun layar ini juga memiliki lapisan pelindung yang menjadikannya tahan terhadap goresan. Lapisan pelindung ini terletak di luar layar, walau tidak sekuat pelindung gorilla glass pengguna AMOLED tidak perlu memasang pelindung tambahan.

 5. Harga Panel

Setiap pixel pada layar AMOLED dapat mengeluarkan cahaya sendiri sehingga membuat biaya produksinya lebih mahal dibanding biaya produksi layar IPS. Dikarenakan biaya produksinya, layar AMOLED biasanya digunakan pada smartphone kelas flagship sedangkan layar IPS biasanya dipakai pada smartphone jenis menengah.

Harga untuk satu panel layar AMOLED sekitar satu juta rupiah sedangkan panel IPS harga yang ditawarkan sekitar 350 ribu rupiah. Tentu saja harga bukanlah patokan mutlak bagus atau tidaknya sebuah produk karena layar IPS justru digunakan pada produk sebagus iPhone.

Demikian beberapa perbedaan Inilah 5 Perbedaan Layar Amoled dan IPS, Yuk Simak Agar Lebih Jeli, keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan, pengguna yang mengutamakan keawetan baterai dapat memilih AMOLED. Sedangkan jika merasa keberatan dengan efek burn-in pada layar AMOLED, pengguna dapat memilih layar IPS yang dapat digunakan lebih lama.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *